reminder!

kejahatan paling serius bagi akademisi adalah plagiarism. banyak orang nganggep plagiat adalah hal remeh, ah lagian gue plagiat ke org yang plagiat juga kok, then it becomes seriously.

buat sekadar bikin makalah yang besok banget presentasi, membuat kita tentu saja copy-paste materi, pokoknya yang penting pas dikumpulin ke dosen atau temen-temen dapet materinya, sisanya tinggal kita jelasin sendiri. yah, ini adalah pikiran mahasiswa pada umumnya, bahkan termasuk saya.

oke, semisal nih, kalian bikin sesuatu yang menurut kalian original buatan kalian, pemikiran kalian, abistu kalian uploadlah di media sosial. when it becomes viral, banyak yang reshare tanpa mencantumkan nama pembuat awalnya. kesel ga? banget kan? 

yahh begitulah perasaan para penulis, bahkan untuk karya yang belum saya terbitkan pun banyak yang bocor. mungkin karena pernah saya buat quotes atau semacamnya. copy-paste itu boleh, boleh bangettt, tapi dimohon untuk mencantumkan copyright ya, untuk menghargai jerih payah pemikiran penulis tentunya.

salam literasi!

Komentar