Pembekalan KKN Literasi VII UINSA [Part 1]

Waktu pertama aku tahu KKN ini dari seniorku, katanya ikut ini aja biar besok gaikut yang reguler karena mahal dan disamping itu, kita bisa lanjut skripsi tanpa mikir KKN lagi.

Woah dengar kayak gitu tertarik dong aku, makanya aku dari Desember-Januari mantengin website kampus biar cepet gitu daftarnya.

Cara daftarnya lumayan gampang, cuma isi aja google form dan melampirkan 3 berkas;
1. Pakta Integritas (bisa didownload di surat edarannya ada link)
2. KRS Semester 5, kalau kamu baru aja lulus smt 5
3. KHS Semester 5
Intinya KRS dan KHS akhir sih.

Abistu submit dan ngisi psikotest langsung. Inget yaa, psikotest ini untuk menguji kamu apakah kamu keterbelakangan mental atau punya anxiety. Usahakan tidak terpengaruh meskipun itu benar kamu, munafik dikit lahya wkwkwk

Daan tiba juga tanggal 20 Januari, tapi lama ditunggu tidak kunjung ada kabarnya. Temanku Rofiq juga pantengin teruus sampai tanggal 21, aku akhirnya capek dan kutinggal tidur, waktu aku bangun sekitar jam 4 lebih, pengumuman ternyata sudah muncul. Rofiq mengirimkan pengumuman hasil seleksinya, aku deg-deg dong, waktu aku ngecek ternyataa aku masuk. Alhamdulillah seneng banget. Rofiq juga masuk.

Ada sekitar 200 yang diambil dari 287 anak. Jadi yang dari jurusan Hukum Keluarga cuma ada 6 yang lolos. Aku, Ainur Rofiq, Dwi Sulistyowati, Nalia Ni'am, Ahmad Muchtar Badarrudin, dan Kurnia Dwi Putri.

Pembekalan diadakan 4 hari yakni 
• Hari 1. Dispusib kota Surabaya
• Hari 2: DPL KKN tentang konsep ABCD
• Hari 3: DPL KKN tentang konsep literasi
• Hari 4 Magang di perpustakaan kota Surabaya
dari tanggal 23-24 dan 27-28 Januari, dilanjut pemberangkatan tgl 30 Januari.

Untuk KKN dimulai tanggal 3 Februari dimana hari itu juga dimulainya perkuliahan semester genap.

Yapp, dan saya akhirnya hidup di kos sampai liburan usai.

Tanggal 23, kita semua dikumpulkan di aula FSH untuk pembukaan sekaligus pengantar materi.


Kuliah Kerja Nyata Literasi atau biasa disebut KKNL adalah KKN berbasis pendampingan literasi berupa;
- revitalisasi perpustakaan (labeling, kodifikasi)
- pengembangan kurikulum di madrasah

Dalam kegiatan pengembangan minat dan budaya baca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Surabaya (DISPUSIP) mempunyai goal untuk 2020 dengan;
1. GERAKAN LITERASI (GENDIS SEWU)
     (gerakan mendongeng dan menulis  
     seribu--dimulai bulan maret)
     - GENDON
     - MENULIS
2. DEWALL
3. PENERBITAN BUKU ANAK
     Sekitar bulan Desember
5. GO BOOK
6. KTA ONLINE
7. BRANDING TBM
     Memperbaiki infrastruktur dengan pengecatan
9. SAFARI LITERASI
10. PAMERAN BUKU
11. FESTIVAL BUDAYA PUSTAKA
12. FORUM KOMUNITAS TBM TMS TBM MANDIRI

Jadi didalam program KKNL tahun ini ada beberapa poin yang harus diperhatikan;
✓ ada 34 pertemuan
     1 pertemuan = 8 jam
     - 4 jam di madrasah
     - 4 jam di tbm
     34x8 = 272 jam
     • seminggu => 18 jam (272÷18=18 mgg/4-5bln)
  1 hari 2 jam pendmpingan (senin-jumat) = 10jam
  1 hari 8 jam tbm (sabtu)
     • seminggu => 28 jam (272÷28=9 mgg/2-3bln)
  1 hari 4 jam pndampingn (senin-jumat) = 20jam
  1 hari 8 jam tbm (sabtu) = 8 jam
✓ ngajar di 2 tbm buka sabtu siang dan 2 madrasah (pagi ke siang)
✓ tbm dan madrasah biasanya berdekatan
✓ beberapa madrasah tidak mempunyai perpustakaan, maka bs diadakan pojok baca
✓ cari apakah berjalan? ada kekurangan -> evaluasi bersama
✓ Pembimbing : DPL, Guru Pamong (kepsek), Korcam (Koor kecamatan)
✓ absennya ada satu satu, di madrasah ada, di tbm ada
✓ ada program disana, tapi boleh menyisipkan program baru (ttg budaya baca dan programnya harus tetap berjalan--pemantauan)
✓ kebanyakan murid bisa membaca tp kurang pemahaman
✓ tugas : 
    • laporan kkn
    • artikel ilmiah yang siap di publish
    • media populer (video di yt--profil sekolah dan aset fisik di sekolah sprt perpus buku, guru yg membantu literasi, lapangan sekolah dijadikan perpus keliling) [dikumpulkan seminggu setelah penjemputan]

Lanjut pada hari ke 2 yakni tanggal 24 Januari 2020, dimana menjadi pertama aku bertemu Pak Djainudin, Korlap DPL KKN yang ternyata dosen Psikologi UINSA. Penyampaian materi beliau lebih ke filsafat metode ABCD dan banyak sekali psikotest yang (sebagian besar dari kami) menganggap tidak relevan. Beliau juga seperti tidak fokus terhadap apa yang dikatakan, dan juga tidak menguasai materi. Akibatnya terasa membosankan dan membuat batin merasa 'anjir ini apaan si'. Tapi kemudian beliau memutar video tentang metode ABCD, dan inilah materi yang sesungguhnya.

--Metode ABCD--
                 Aset
                 Based
                 Community
                 Development
✓ Pemberdayaan [ASET] -- Fisik dan nonFisik
                                                  - Sumber daya
                                                  - Modal
                                                  - Kemampuan
                                                  - Motivasi
✓ Langkah;
    1. Discovery (Menemukan kekuatan) -> memahami dengan mendengar cerita orang lain
    2. Dream (Mimpi) -> membayangkan apa yang diimpikan, menggambar, menempelkan gambaran di dinding yang sering dilihat
    3. Desain (Merencanakan) -> Rencana untuk mewujudkan mimpi
    4. Define -> Menentukan bagaimana cara membangun bahkan mengembangkan kekuatan
    5. Destiny -> Pemantauan apakah tetap dilaksanakan rencana-rencana yang dibuat

Setelah ishoma, kita kembali lagi ke kelas dan membuat visi perpustakaan/tbm serta rancangan pengembangannya. Setelah itu? yauda pulang.


--
untuk part 2 bisa dicek disini looh
http://kepompongjingga.blogspot.com/2020/01/pembekalan-kkn-literasi-vii-uinsa-part-2.html

Komentar