STAN? SBMPTN LAGI? ATAU TETAP DI UIN?


Halo! Hi!

Kayaknya emang sapaan cuma gitu aja ya ga beda-beda hehe.

Okee, baiklah. Aku ingin menceritakan sedikit saja (gatau kalo ternyata banyak wkwk) uneg-uneg di awal tahun 2018 yang mudah-mudahan menjadi tahun terrr- gitulah. Karena sebenernya ditahun ini aku bakal berusia 19 tahun dan yaa~ u know lah kaya drama Goblin tuu, tahun-tahun ketemu Malaikat pencabut nyawa hahahah.



Bismillah, usiaku tetep lanjut dan barokallah setiap langkah. Amin.



Oke balik lagi ke uneg-uneg. Kayaknya kalo aku nulis yang kayak ginian mulu, jadi berasa lupa sama umur. Yaaa~ sebelas duabelas kayak anak SMA lahyaa wkwk.



Jadi yang PERTAMA, aku bingung, kalut, hampir setres mikirin kuliah.

Ini kuliah dilanjutin apa engga ya?

Ini kuliah resign engga ya?

Ini kuliah nanti ngambil dosen apa ya?

Ini kuliah bisa sekelas sama dia ga ya?

Dan pertanyaan-pertanyaan engga ya engga ya lainnya.

Well, kuliah di UIN Sunan Ampel itu simple sih ga serumit kaya Univ gede gitu. Dengan UKT yang Alhamdulillah bener-bener murah meriah tiada duanya. Tapi, materi mata kuliah aku masih terseret-seret mengejar. Dan always bikin kalut kalo uda dihadepkan sama orang tukang debat sok kritis yang menjadikan forum sebagai ajang jatuh-jatuhan dengan beragam sabdanya. Ya! Sumpah benci! Iya tau deh mereka anak agama, tau gini gitu, ya sebagai anak SMA yang matpel agamanya ga se ngeh anak MAN, aku si diem aja. Diem-diem nangis sih hehe. Pernah ga sengaja abis mata kuliah hadist karena ga paham satupun materi yang di’omong’kan sama dosen, air mata tiba-tiba keluar tanpa diundang bung! Ini yang bikin semua salah persepsi neh. Dikira mikirin cowo elah, gila kali.

Dan kemudian aku mencoba bangkit, aku bolak-balik perpus buat nyari materi dan mahamin sendiri. aku tipenya gabisa paham kalo orang yang jelasin ga nge-feel gitu di aku. Bahkan dosen yang seganteng pak Faiz tetep gabisa bikin aku paham lho! Seeriusan! Tapi kenapa aktif di kelasnya pak Faiz? Karena suka aja matkul Ppkn apalagi kalo pas aku argumen dan pak Faiz senyum gitu. Huhu rasanya semriwing wkwk. Jadi percuma sih kating-katingku yang dengan susah payah ber’muru-muru’ ngejelasin tapi akunya sulit buat paham. Maaapkan dedek, kakaquu I really appreciate thattt! Gomene~

Aku juga ga terlalu suka dosen yang kebanyakan omong, berbelit-belit, dan ga efektif kalo jelasin. Kaya pak Arif Jamludz, katanya kating dan temen sekelas lain sih enak tapi diriqu tydak bisa paham dengan bahasa setinggi langit ketujuh yaAllahh. Papan itu tulisannya ga pernah Bahasa Indonesia, arab gundul semua njir. Mana bisa gueh paham kalo macem gini bung!

Apalagi intensif Bahasa Arab yang subhanallah aku diajar pak Faiz lagii. Seneng sih liat mukanya pak Faiz, tapi agak senep kalo disuruh jawab pertanyaan dan men’translate’kan kalimat. Tapi kutetep aktif kok dikelas, lumayan mah walaupun jawab salah trus disenyumin pak Faiz, agak semriwinggg hahahahahah.

Dari semester 1 ini, dosen yang kusayang karena penjelasannya yang to the point banget meskipun agak garang kali ya, pak Maher sama pak Muwahid. Bapak-bapak ini kalo jelasin gila dalam semenit atau sepersekian detik ketika beliau selesai jelasin itu, langsung paham dan bilang, oalaa gituuuuu. Hahahahah dosen top pokoke mah.

Alhamdulillah di semester 1 ini, karena masih dipaketin jadi gabisa milih dosen, aku dapet dosen ganteng lahyaa jongmal arigatou wkwk. Gaada yang tua-tua amat dan semua fresh graduate tapi jos gitu uhuyy.



Sebenernya ingin bertahan sih, tapi gimana yaaa



Okee lanjut, yang KEDUA, akibat gaada yang chat di Line sekarang jadi suka buka-buka OA alias Official Account di Line dan terjun terlalu dalam buat memahami sekolah kedinasan yang tahun kemaren (2017) pendaftarnya sekitar 160.000an lebih yaituuu STAN. Yes! Kepikiran lagi kan yaa.

Dulu pas aku lulus, aku sempet ngelirik STAN sih, tapi karena aku yang males pas liat portalnya sehari uda 30.000 pendaftar, aku langsung drop dan banting setir buat mendalami SBMPTN ajalahya. Jadi begitulah, aku ga sempet daftar dan sampai detik ini aku masih ngerasa nyesel kenapa ga nyoba aja. WAIT!!! NYOBA AJA! STAN BUKAN TEMPAT UNTUK PERCOBAAN! kata kakak-kakak STAN ke aku yang kemaren curhat. Kalo pengen masuk STAN, harus bener-bener dijaga otaknya jangan sampai lepas dari materi TPA dan TBI dek, soalnya kalo kamu uda dikasi materi kuliahan dan kamu ga baca-baca lagi buku-buku SBMPTN atau Civitas Guide STANmu, percuma aja. Otak kita akan berhenti mikir!, begitu kira-kira sabda kak Ryan, D3 Akuntansi 2016.

Dan tantangan sesungguhnya bukan ada di ujian saringan masuknya, tapi bagaimana kamu bisa bertahan di suasana kampus penuh dengan diktak, kedisiplinan, dan sistem DO men’DO. Kuatin mental dan pikiran dulu, yakin mau masuk STAN?, imbuhnya kemudian.

Bergetar hati dedeq mas ketika engkau bertanya to the point, Yakin mau masuk STAN?



Yang KETIGA, aku juga masih kangen dan bener-bener miss banget buat tinggal di Jogja. Gatau kenapa hati ini pengenn banget kesana, menetap disana, menjalani keramaian disana. Bahkan aku bikin list setidaknya setahun sekali kesana, buat meredakan kekangenan yang membelenggu, ceilah wkwk.

Apalagi kalo liat patung depan UGM, behh jadi pengen banget gatau kenapa. Udah kaya beban dipundak gitu ilang semua, pernah sampe nangis dulu pas kesini. Udah kaya banyak bet kenangan padahal mah kaga ada sama sekali wkwk. Hidup di Jogja itu kayak surge dunia menurutku hehe but semua orang juga pasti punya keinginan masing-masing kan yaa. Ini yang bikin aku kalut. Kayak kalo di kampus gaada temen yang mau diajak kemana-mana gitu ingetnya UGM, liat matkul yang susah gitu ingetnya UGM, liat temen-temen yang pilih-pilih gitu ingetnya UGM. Gatau kenapa wkwk kayak aku pengen bandingin gitu, kalo kuliah disana kayak disini engga ya. Huftt kalut ah bener-bener kalut.



KEEMPAT, ini yang terakhir nih. Nurutin orangtua. Aku pengennya gini, orangtua bilangnya gitu. Iya sih semua terserah ke akunya mau gimana tapi mereka terus aja kayak ngasih jalan gitu, jadi berasa dituntun. Aku udah bilang kan, aku tahun ini mau ikut SBMPTN lagi, jawabnya gini, gausah aneh-aneh semua harus disyukuri kalo Allah pengennya kamu masuk situ ya udah jalani aja pasti diberi Allah kemudahan kalo kamu selalu bersyukur sama jalan yang dikasih Allah. Tapi yaAllah ini bener-bener berat. Kesel akutuu kalo mikir ginian lagi.



Oke itulah uneg-uneg yang kurasakan di bulan pertama tahun 2018 ini. gatau deh kedepannya nanti mau gimana lagi. Fighting terus mah yekan hehe.



Aku di UIN juga pertimbangan banget,

1.       UKT murah, jadi sampe aku lulus ga ngabisin uang kurang lebih Cuma Rp.10.000.000 aja

2.       Punya temen yang baik, klop banget, dari angkatan tahun ini sampe 3 tahun diatasnya.

3.       Aku udah nyaman banget sama fakultas dan Universitas ini.

4.       Aku udah nyaman banget sama UKM yang aku masuki.

5.       Aku udah cukup bersinar meskipun masih agak redup karena masih butuh dorongan buat light up.

Jeleknya? Up ajalah ya di alasan ke 3.


Jadi ...
STAN? SBMPTN LAGI? ATAU TETAP DI UIN?
Jalanin dulu ajalah ya~

Komentar