SATU KOLAM ISI ALIGATOR DAN ARWANA ?!

tanggal 2 Juni 2020, om cwan ngasih kolamnya karena dirumahnya uda gamuat dan uda gaada waktu buat ngurusin ikan. jadi ayah ambil ke Surabaya trus langsung dibersihin buat diisi air. Ini pas mindah ke ruang tengah berat banget, tanganku sampe kegores kaca haha. Karena uda dibersihin dan diisi air, ibu semangat banget pengen langsung beli ikan tapi karena uda malam sekitar jam 9, pet shop pada tutup.

tanggal 3 Juni 2020, pagi itu ayah tanya-tanya harga arwana ke pet shop dan pulang bawa ikan oren kecil-kecil buat hiasan kolam //awalnya sih pengen buat pakan arwana tp bruh arwana aja belom beli wakakak. setelah tau kisaran harganya, ayah ngajak ibu beli arwana dan pulang bawa arwana silver brazil ukuran 15cm dengan harga 65rb. ini nih kesalahannya, air masih belum terfilter dengan baik dan belum diendapkan tapi uda dikasi ikan, akhirnya doi mati pada tanggal 4 Juni 2020 dengan posisi tersedot filter.

gamau menyerah ternyata, tanggal 4 Juni 2020 ayah dan ibu beli arwana silver brazil lagi untuk kedua kalinya dengan panjang 20cm harga 90rb di Surabaya. nah ini, usianya ga lama banget. Baru dimasukin jam 16.30, jam 18.00 doi mutah-mutah, ayah langsung serok dan dipindahkan ke kolam kamar mandi yang dikasi garam //ini demi apa gegara gaada garem ikan, pakai garem dapur. pen nangis dah. gegara penanganan yang engga pro sekali, doi akhirnya mati pas isya. karena uda desperate banget, kolam akhirnya dikuras lagi sampe abis. gaada yang mau ngubur arwana naas itu sampai keesokan paginya.

jadi kesalahan disini banyak ya;
1. usia air belum tua (meski air yang dipakai itu air sumur tetap harus diendapkan)
2. arwana seharusnya gaboleh dipindahkan langsung dari kolamnya
3. air sisa arwana pertama belum dikuras
4. jangan pakai garam dapur! gamengobati sama sekali keracunannya

akhirnya karena uda males, kolamnya diisi lagi sama ikan oren kecil-kecil tadi. selang endapan yang cuma sehari lebih, tanggal 6 Juni 2020 kemarin ayahku beli ikan aligator ini buat ngisi kolam karena capek melihara arwana mati mulu.

Pertama pas liat ayah beli ikan ini, ibu marah-marah karena ibu lebih suka akuariumnya diisi arwana daripada aligator yang dinilai makhluk buas //even though arwana jg predator si auwah. Didoain mati dong, tapi doi tetap hidup sampe sekarang. Ibu suka panggil Sunduk Irung karna dia tipe aligator long nose ya. Trus lama kelamaan karna ibu suka gabisa ngomong aligator, dipanggilnya regulator dong //pengen nangis. akhirnya ayah ikutan panggil doi regulator, yawla dikira lpg apa.

pertamanya sih seneng ya, dia agresif gitu pas hari pertama masuk kolam. tapi beberapa hari setelahnya, doi jadi ga mood buat berenang, malah sering gitu ngambang bebas ga bergerak. yakan aku ngiranya doi mati, tapi pas mau disentuh gitu dia bergerak.


doi juga suka menyendiri trus berenang ga jelas gitu, kukira dia stress ya aku ikhlasin aja gitu barangkali emang gajodoh pelihara gini. taunya dia hidup sampe sekarang. tapi ya gitu, aku gatau dia makan apa engga jadi selama ini aku kasih pakannya ke ikan kecil2 ni, ya barangkali doi mau makan ni ikan dan gasampe mati mereka.

kolam aku ukurannya 1,5 m x 60 cm x 1 m dan karena ikannya masih kecil disekat jadi dua, yang sebelahnya arwana, doi sehat kok suka makan juga jarang setres. kalau ada yang obok-obok biasanya doi minggir sambil bertengger di filter tapi setelah selesai gitu doi santuy aja jalan-jalan.

            kiri : aligator.              kanan : arwana

arwananya jenis silver brazil, sekarang ukurannya uda 20 cm. dulu pas beli harganya 125 ribu trus dinego ibuku jadi 90rb. makanan kesukaannya jangkrik, sekali-kali dikasi makan cicak karna dirumah banyak banget hehe.

aku gatau sih apakah boleh pakai metode sekat seperti itu, tapi selama seminggu ini dua-duanya masih sehat dan bernapas. alhamdulillah.

ohiya, kalau uda gede, inshaallah sekatnya bakal dicopot, aligator bakal masuk kolam bekas ikan lele yang luas itu, dan kolam ini jadi milik arwana seutuhnya.

aku suka didepan kolam ini, suara gemericik air ditambah ikan yang mondar-mandir membuatku merasa tenang dan rileks. well, semoga penghuni kolam ini bertahan beberapa tahun kedepan. amiin (ص)

--
[UPDATE]

tanggal 21 Juni 2020, aku sama ayah sepakat misah aligator sama arwana karena kasihan aligatornya dianak tirikan sama ibu dan gadikasih makan. sebenernya uda dikasi ikan oren kecil itu, cuman mereka semua pada pindah ke wilayahnya arwana karena takut dikejar.

pagi itu ayah nemuin kolam di gudang lantai 2, agak bocor sih trus dibenerin sama ayah. ditambal dan di lem ulang trus diisi ulang air. ohiya, untuk wallpapernya tau ga dari apa. dari tugas doodle dulu pas SMA. yaampun, digunting sedemikian rupa biar pas. pengen nangis tp yauda lah ya:')

kenapa ga beli wallpaper aja kan murah? karena ibuku. gatau bedanya hemat sama pelit🤣 ayahku mau beli aja gadibolehin sambil di awas-awas.

ini diisi batu yang 3 warna, cokelat hitam sama putih. agak jelek karena bikin kolam jadi makin suram:'v

tanggal 25 Juni 2020, ayah lihat aligatornya makan! beneran dia bisa nangkap ikan kecil-kecil gitu trus dimakan bulat-bulat. sekarang doi uda gendut gitu, seneng lihatnya. tapi karena pakannya gampang abis dan beli ikan kecil-kecil itu jauh banget ke Surabaya, aku mau nangkar sendiri aja dah. di deket rumah gaada yang jual ikan kecil soalnya huhu

masalah nambah lagi, semenjak aligatornya dipindahin dari kolam gede, arwana gamau makan bahkan sampe tiga hari ini doi gaada nafsu buat melahap jangkrik kayak biasanya. entah karena mulutnya yang luka karena biasanya dikasih jangkrik tanpa dipotong kakinya atau karena bosen makan jangkrik.

atau karena doi sekarang uda punya nama lain? kemaren ibu suka manggil aronya dengan nama markonah, ayah sama aku juga suka panggil doi gitu. apa dia gasuka namanya ya makanya mogok makan😭

tapi setelah tiga hari puasa, dikasih ayah cicak gitu mau dimakan. tapi hari ini tanggal 26 Juni 2020, doi gamau makan cicak lagi. cuma dilihatin trus dicuekin:')

masih berharap si doi mau makan ikan oren yang uda mulai gede itu karena makan mulu isinya njir. aku sampe capek misahin cacing darah dari sampah karena ayah suka ambil dari sungai terdekat. kata ibu, sayang kalo beli🤣

apa arwananya kangen saingan makan sama aligator ya? padahal kolamnya uda ditaruh dekat gitu lho

heran banget kalian berdua ini, padahal masih ketemu tapi masih kangen aja.

lebih gendut dari yang pertama shoot yekan🤣






Komentar