23 Desemberku di Malang

20 Desember 2019
Aku meyakinkan teman-temab buat beli tiket lewat e-commerce aja karena ada diskon, taunya dapat cashback koin. Untuk tiket pp kita dari Stasiun Sidoarjo-Stasiun Malang, sbb;
Berangkat 6.12 WIB KA Songgoriti Rp.30.000
Pulang 17.00 WIB KA Mutiara Selatan Rp. 35.000

23 Desember 2019
Banyak hal yang terjadi, bersyukur saja, hanya hal baik yang terjadi pada hari ini.

Sekitar jam setengah 5 pagi aku bangun dan menunaikan sholat shubuh di rumah. Aku cepat-cepat sarapan dan mandi, kemudian aku berangkat ke Stasiun Sidoarjo jam 5.15 WIB

Perjalanannya lumayan cepat, mungkin karena masih pagi dan aku lewat jalan dalam. Sekitar jam 5.40 WIB, aku sampai di stasiun dan cetak boarding pass aku dan kawan-kawan, dari tiket berangkat juga tiket pulang. sekalian, kata teman-teman.

Teman-temanku ini sebenarnya adek kelas tapi beda SMA, nah wkwk bayangkan betapa canggungnya. Ada salah satunya teman SMPku, nah dia ajak adeknya, adeknya ngajak teman-temannya. 

Teman yang lain ini berangkatnya agak keburu karena mereka baru dapat gocar jam 5.20 WIB dan jalanan sudah mulai ramai. Mereka baru sampai stasiun tepat pada jam 6.00 WIB

Setelah tiket kuserahkan, mereka berhamburan beli minum dan cemilan di alfamart stasiun, setelah itu check in dan langsung masuk gerbong. Aku duduk dengan teman SMPku, Wardana namanya. Dan dia suka bercengkerama hingga sampai di tujuan Stasiun Malang dengan selamat, cuma dia kebelet pipis.

Karena mengantar Wardana ke toilet dulu, kubilang pada mereka untuk tunggu di depan pintu keluar stasiun.

Kita segera berjalan dengan tujuan utama yakni Kampung Warna Warni Jodipan, tapi karena ada bapak-bapak yang menyarankan untuk lewat Kampung Tridi, akhirnya kita oke aja untuk masuk. Disamping spot fotonya banyak, kita juga adem aja tuh sampe Jodipan. Tiket masuknya berupa boneka flanel gitu, bayar Rp. 3000

Setelah puas foto-foto, kita lanjut jalan ke Jodipan. Jalannya sempit dan naik turun, tangganya lumayan curam, tapi setiap tempat cocok banget buat jadi spot foto.

Perbatasan antara Kampung Tridi dan Kampung Warna Warni Jodipan ditandai dengan adanya Jembatan Kaca. Well, jembatannya ga pure kaca sih, cuman ya ada kacanya. Ga sesuai ekspektasi tapi juga gabisa dibilang nipu wkwk.

Diujung jembatan, ada pematok tarif masuk Kampung Jodipan, Rp.3000 dengan stiker sebagai tiketnya. Ga perlu merasa susah, kalau mau balik ke Kampung Tridi, cukup tunjukkan tiket boneka, begitupun Jodipan, cukup tunjukkan tiket stikernya sudah tidak perlu bayar lagi.

Kami pun menjelajahi setiap spot foto yang ada. Sekitar jam 11.00 WIB, perut pun merasa keroncongan. Akhirnya kita semua makan siang di Warung Selvie di Jodipan. Viewnya bagus banget dari sini. Aku sih ga beli makan berat karna uda bawa pentol goreng dari rumah, cukup banget buat mengganjal perut. Aku cuma beli Pop Ice Mangga seharga Rp. 4000

Kemudian kita lanjut balik ke Kampung Tridi, alasannya sih, salah satu dari kita ada yang mau charge hp karena disana gratis buat charging. Aku dan Wardana pun sekalian sholat dhuhur, yang lainnya sih katanya lagi halangan.

Setelah selesai menunaikan hal-hal pribadi, kami pun berjalaaan dan berjalaaaan hampir 2-3 KM ke Pasar Malang tapi malah nyasar di Pasar Loak Camboran dan akhirnya kejebak hujan disana. 

Aku pun sedikit bercengkerama dengan ibu-ibu jamu dengan membeli sinom dan kacangnya yang gurih. Lumayan humble beliau, diantara derasnya hujan, beliau cerita tentang beberapa turis yang salah arah juga sama kaya aku. Beliau juga punya anak yang jadi tukang parkir juga, ga sekali dua kali aku liat anaknya bu jamu yang masih lumayan muda menggiring mobil keluar dari parkiran pasar.

Setelah hujan hampir reda, aku membayar sinom dan kacangnya seharga Rp. 4000 dan pergi melanjutkan perjalanan ke Pasar Besar Malang dengan membeli Bakpao ayam seharga Rp. 2500/buah. Yhaa kau tau, terlalu miris sih waktu datang kesini. Seperti sudah tidak terurus, lantai 2 sudah tidak beroperasi dan lantai 1 karena sehabis hujan jadi becek banget. Aku ga beli apa-apa disini, gaada yang menarik soalnya.

Sehabis menunggu teman-teman belanja, kami pun pesan gocar untuk balik ke stasiun karena jam sudah menunjukkan pukul 15.30 WIB. Kami patungan 7 orang, sebelumnya kita tanya dulu dong apa bisa dimuat 7 orang dan bapaknya setuju. Kami pun mengumpulkan uang Rp. 7000 per orang.

Balik lagi ke stasiun, uda mulai laper lagi. Teman-teman sukanya beli ayam CFC, akusi kurang suka disamping karena mahal, makannya gitu doang. Akhirnya aku nyebrang ke sentra makanan di depan stasiun dengan Wardana. Kami pun pesan mi ayam, ngakaknya lagi, bukan pangsit yang dihidangkan tapi mi goreng ditambah suwir ayam. Aduhaii. 

Sebelum itu, adeknya Wardana ini kehilangan hpnya di Pasar Besar Malang. Gila betul! tapi untungnya ketemu, sayangnya orang yang menemukan hpnya nuntut imbalan rokok sepak. Gak ikhlas ni wkwk

Jam 16.20 WIB kita beli oleh-oleh di stasiun. Emang mahal tapi mau beli dimana juga karena keburu mau pulang. Aku beli keripik buah 1 plastik besar seharga Rp. 40.000 dan es cao kalengan Rp.10.000. Bodohnya aku, aku tu belum sholat ashar waktu itu. 

Jam 16.40 WIB langsung check in untuk pulang, dan kita tu salah masuk gerbong masa. Gerbong Eksekutif yang kita duduki wkwk malu doong. Akhirnya kita menyusuri antar gerbong sampe tembus ruang istirahat praminya wokwowwkwok aseli ngakak.

Jam 17.00 WIB akhirnya aku menemukan kursiku di Gerbong 3 Ekonomi KA Mutiara Selatan jurusan Malang-Surabaya. Aku duduk di 3B, dan alangka terkaget sia wkwk sampingku ternyata mas2 alhamdulillah tidak sepet di mata. Begitu aku duduk, kereta langsung berjalan. Aku segera pakai maskerku dan mencoba untuk tidur. Ohsyit, gabisa tidur padahal aku kerasa banget capeknya.

Gak lama mas2nya tanya, 
🧒 : Mbaknya kuliah di Malang?
😼 : Engga mas

abistu masnya ijin mau beli minuman wkwk setelah balik, dia beli jajan taro ukuran gede gitu.

🧒 : Mbak, mau?
😼 : Iya mas (tapi ga ambil wkwkw, jaim bgt aing)
🧒 : Mbaknya ke Malang cuma jalan-jalan?
😼 : Iya mas, acara reuni. Masnya mau kemana?
🧒 : Oh saya mau pulkam mbak, ke Surabaya.
😼 : Kuliah?
🧒 : Iya mbak, kuliah di UINMA
😼 : Oh iya? Sama dong kuliah di UIN. Tapi saya di UINSA hehe
🧒 : Sunan Ampel?
😼 : Iya mas
🧒 : Angkatan berapa?
😼 : 2017 mas, kalo masnya?
🧒 : Iya sama 2017 juga. Jurusannya apa mbak?
😼 : Syariah dan Hukum. Masnya?
🧒 : Ekonomi
😼 : Ekonomi Islam?
🧒 : Bukan mbak, saya manajemen fakultas ekonomi
😼 : Oh gitu
🧒 : Saya dulu gaada sempat kepikiran kuliah mbak, kan saya uda kerja sebenernya. Eh pas coba-coba SBM, kok masuk.
😼 : Masnya alumni mana? MAN Surabaya?
🧒 : Bukan mbak, saya STM Perkapalan
😼 : Uwaw
🧒 : Mbaknya asli mana?
😼 : Asli Sidoarjo mas
🧒 : Kalau boleh tau rumahnya dimana?
😼 : Wonoayu mas
🧒 : Jauh dari stasiun mbak?
😼 : Sekitar 20 menit lah mas
🧒 : Itu Wonoayu itu dimananya mbak? Setelah sidoarjo kota?
😼 : Iya mas. Masnya tau umm daerah Tanggulangin?
🧒 : Ohiya mbak, saya punya teman anak Tanggulangin
😼 : Nah itu setelah Tanggulangin, Wonoayu mas
🧒 : Ohiya. Mbaknya tadi jalan-jalan di Malang kemana aja?
😼 : Deket-deket stasiun mas, kampung tridi, jodipan, alun-alun malang
🧒 : Ngga ke Dinoyo mbak? kan biasanya suka jalan-jalan daerah kampus gitu
😼 : Engga mas jauh hehe 

-trus kita bahas biaya hidup, tetangga, temannya-

wkwk

masnya humble tapi keknya maksa banget mau ngobrol. agak ga nyaman gitu, tapi pas uda sampe bangil, masnya makin enak gitu ga grogi dan keknya masih pengen ngobrol.

sini mas, ngobrol sama ngopi juga enak.

sayangnya kita 2 jam lebih ngobrol tapi belom tau nama masing-masing. makasih ya mas, aku soalnya dalam posisi diharuskan ngobrol sama orang baru biar bisa terhindar dari kejenuhan. dan alhamdulillah it works.

cuma pengen makasih banget buat masnya:)

Komentar