1.12

DAY 80
[Tulisan ini dibuat pada tanggal 02 April 2017]




UNBK. Hari yang besar buat kalangan pelajar dalam upaya mengakhiri sekolah. Ujian yang diadakan serentak di seluruh Indonesia ini makin menjadi momok yang mengerikan buat pelajar, Ujian Nasional Berbasis Komputer. Banyak kecurangan yang terjadi tiap tahun untuk mendapatkan jawaban atau bisa kita sebut KunJaw UN. Bukan hanya tahun kemarin, tapi memang setiap tahun selalu ada momok yang seperti ini. Tahunku, tahun yang membingungkan untuk beli KunJaw ataupun usaha belajar bareng.

Bandar-bandar mulai tersebar sejak beberapa minggu yang lalu, sebelum USBN tepatnya. Aku yang waktu itu belum memahami materi matematika apapun kebingungan setengah mati. Akhirnya aku putuskan untuk privat matematika. Aku memohon pada ayahku agar aku diizinkan les hanya 1 mapel ini. Waktu itu ayahku kaget kenapa aku-yang biasanya belajar sendiri saja sudah paham, sekarang malah memohon agar dicarikan guru privat matematika. Kalau dipikir-pikir lucu juga, waktu aku sekolah di SMA-jurusan IPS, yang rata-rata ga banyak itung-itungannya juga ternyata aku benar-benar tidak bisa sama sekali buat otakku berpikir trigonometri atau sekedar persamaan kuadrat padahal matematika termasuk pelajaran yang aku gemari dari SMP. 

Hari pertama privat waktu itu dimulai dari tanggal 10 Februari, hari jumat yang selanjutnya juga akan diisi pada hari jumat sore dan minggu pagi, meskipun aku juga bebas mau milih hari apa. Hari pertama bertemu guru privatku, cukup engga canggung. Pertama yang nyapa duluan ya mbaknya, “Dek Sofi?”, ya aku balas aja dengan anggukan sembari tersenyum. Orangnya ternyata friendly, aku suka. Mbaknya juga sabar, kalau aku tidak mengerti gitu aku juga akan tanya terus tapi dia tidak marah atau gimana cuma bilang, “Gimana yo dek enaknya, sebenernya gini loh...”. 

Kalau dihitung-hitung sampai hari ini, aku sudah kenal dan diajari selama sekitar 2 bulanan. Diajarinya juga gak cuma bener-bener intensif materi tapi pakai guyonan atau cerita-cerita kehidupan sekolahku atau kehidupan kuliah mbaknya. 

Bener-bener jujur, sampai saat ini, aku bingung mau memanggilnya apa. Dulu itu aku cuma manggil mbak. Aku baru tahu namanya waktu tanya username Instagramnya apa. Namanya Ainur Rosidah, sekarang aku panggilnya mbak oci atau mbak rosi.

Selama 16 kali pertemuan, aku diajari mbak rosi pelajaran yang aku pernah tahu tapi tidak benar-benar paham. Minggu depan, pertemuan terakhirku dengan mbak rosi jika aku lulus SNMPTN atau PMDK-PN, aku sebenarnya tidak mengharapkan dari SPAN-PTKIN, itu hanya sebuah bonus menurutku. Aku masih belum bertanya apakah Mbak Rosi mau mengajariku materi SBMPTN karena kita beda rumpun. Aku rumpun Soshum, Mbak Rosi rumpun Saintek. Aku juga masih bingung, apa aku harus ambil SBMPTN Soshum dan mengejar Hukum atau aku ambil IPC (Campuran, Soshum+Saintek) dan mengejar Manajemen Agribisnis karena memang cita-citaku dari kecil membuka sebuah perkebunan.

Jadi, aku harus memilih? Atau aku dapat kesempatan di SNMPTN?

Komentar