Go Fight HUKUM UNAIR!?

Menjelang UNBK 2017 gini nih, masa yang bener-bener jadi cobaan banget. Yagimana engga, cobaan itu selalu dateng kapanpun dan dimanapun, diundang ataupun gak diundang. Lama-lama hampir patah semangat aing mah.

Dulu pas kelas 11, denger-denger banyak tuh kakak kelasku yang bener-bener santai-ajib banget ngendaliin situasi. Semua itu serba flat, gadapet kuota SNMPTN 75% tetep santai. Berjuang SBMPTN dah biasa anjayyy. Tapi ya gitu, masuk dapet SBMPTN anjayyy.

Boro-boro seneng, santai atau segala macemnya, dulu bener-bener ngatur strategi kalo "seandainya" dapet kuota SNMPTN yang tahun ini berkurang jadi 50%. Then, masuk ke kuota itu. Di kelasku, yang dapet cuma 14 orang. Langkah selanjutnya malah makin ribet. Udah dapet kuota malah bingung ambil jurusan apa. Tapi uda fix HUKUM. Nah, Pas aku cari HUKUM yang akreditasi A itu cuma di UNAIR (Universitas Airlangga) sama UNEJ (Universitas Jember), kalo swasta lebih bagus UWK (Universitas Wijaya Kusuma). Nah masalahnya nih, banyak yang ambil hukum Unair! Jadi okelah ngalah ambil Hukum Unej.

Tapiii selepas kejadian sakit lah, kecelakaan lah, ortu jadi makin khawatir kalo akunya kos jauh. Di Malang aja gadibolehin, apalagi di Jember. Oke aku harus go fight Hukum Unair.

Tanggal 21 Feb 2017 kemarin, akhirnya aku bisa login dan masuk ke kuota 50%. Malamnya, aku langsung buat grup di Line siapa aja yg masuk 50% di jurusan IPS itu. Yaa buat antisipasi aja siapa aja yang beneran ambil Hukum Unair.

Permasalahan yang pertama, banyak yang daftar Hukum Unair. Ada Lady, Pijar, Anggi, Elsa, dan lainnya. Ya, bukannya sombong sih, tapi nilaiku sama mereka lebih tinggi aku. Tapi aku takutnya itu di permasalahan yang kedua, Nilainya Anggie kelas 12ips2 bener-bener gila. Emang lebih tinggi aku, tapi nilainya Anggi konstan naik terus. Sedangkan nilaiku tinggi tapi ada semester 3 gilak anjlok 0,30 trus naik lagi sampe kelas 12 jadi peringkat 2 sekelas atau peringkat 4 sejurusan.

Permasalahan yang ketiga, tahun kemarin (2016) ada yang daftar Hukum Unair dan itu masuk cyiiin. Tapi eh tapi gak dimasuki gara-gara dia masuk ke IPDN. Kemudian, aku nyoba cari kontaknya kemana-mana dan aku akhirnya dapet nomornya. Dia ternyata punya WA, sok aku chat dia. But, cuma di read. Aku coba sabar dan tanya langsung to the point. Malah gak diread sama sekali. JADI INI GIMANA?! DIA NINGGAL GITU AJA DAN GAK NGASIH PENJELASAN ATAU APA GITU. Apa gak kasian sama adek kelasnya yang pengen daftar di situ?!

Please Arya Niko Cahyadi, alumni SMA NEGERI 1 KRIAN SIDOARJO Kelas 12SCI 2016. Setidaknya kasih penjelasan dong.

Huft, apalagi yang diterima taun kemarin itu cuma 1 dan itupun diabaikan. Bisa-bisa integritas sekolah turun dimata Unair. Aku capek mikir itu. Tapi katanya ayah sama ibu, aku harus yakin dan nyoba terjang jurusan itu. Kalau memang SNMPTN gak tembus, masih ada SBMPTN dan aku bakal go fight!!

Tapi sejujurnya, aku juga agak gimana gitu. Aku pengen jurusan itu dengan bonusku, setidaknya agar aku tidak bingung cari tempat kuliah. Ya Allah, bantu hambamu ini tembus SNMPTN.

Bukan karna gengsi harus univ bagus, tapi karna emang tuntutan masa depan. Di Surabaya, Univ negri yang akred Hukumnya A itu Unair.

Ya Allah, hamba memohon kepadamu. Masukkanlah hambamu ini ke jurusan yang menjadi impian hamba. Kasihanilah hamba, jadikanlah hamba menjadi hambamu yang tersayang. Beri kesabaran menghadapi ini. Beri hidayah pada alumni yang ninggal jurusan tanpa konfirmasi.

Amiiin.



Beberapa hari kemudian, aku mendapatkan informasi. yaa ternyata katingku ngerespon, Hore! 
Pertamanya dia bilang minta maaf soalnya gak punya waktu buat ngasih surat pengunduran diri atau apapun. Yaa sempet ngedrop sih. Tapi aku pengen maju aja, siapa tahu Unair menerima 1 lagi dari sekolahku. Amiiin.





Komentar